Berapa Banyak Serum yang Boleh Dipakai Bersamaan?

Berapa Banyak Serum yang Boleh Dipakai Bersamaan?

Melihat produk skincare lokal yang sedang naik daun, rasa-rasanya produk serum jadi andalan nih. Bingung mungkin ya, dengan banyaknya serum yang beredar di pasaran, harus pakai yang mana dulu? Lalu, berapa banyak jumlah ideal memakai serum yang boleh di-layer bersamaan? Simak artikel ini ya!

Bolehkah tidak pakai serum lebih dari satu?

Serum biasanya berfungsi sebagai ‘multivitamin’ untuk kulit. Artinya memberikan nutrisi untuk mengatasi masalah tertentu misalnya flek hitam, tanda penuaan, atau untuk mencerahkan wajah.

Anda boleh saja memakai lebih dari satu serum untuk berbagai masalah kulit berbeda di rangkaian perawatan kulit Anda tetapi pastikan bahwa:

1. Kulit Anda Cukup Kuat

Pemilik kulit sensitif dan reaktif tidak dianjurkan memakai terlalu banyak lapisan produk sekaligus, karena bisa menimbulkan iritasi dan reaksi negatif. Saat mencoba produk baru pun, sebaiknya tidak langsung pakai beberapa produk baru sekaligus. Coba satu persatu untuk mengetahui efeknya di kulit Anda.

2. Tidak Ada Bahan yang Saling Bereaksi Negatif Satu Sama Lain

Beberapa bahan aktif bisa bereaksi satu sama lain dan menimbulkan iritasi karena efeknya terlalu keras di kulit Anda. Coba cari tahu bahan apa saja yang tidak boleh dicampur.

3. Tidak Terlalu Banyak

Memakai layer atau lapisan skincare terlalu banyak, dari toner, essence/serum/ampule dan pelembap bisa bikin produk mmenumpuk dan terlalu ‘berat’ sehingga menutup pori-pori, tidak bisa terserap, dan malah menyebabkan jerawat/peradangan akibat pori-pori yang tersumbat.

Anda bisa menggunakan 2-3 serum saja dalam waktu bersamaan, dengan aturan sebagai berikut:

  • Lakukan layering berdasarkan fungsi eksfoliasi dan hydrating

Bila memakai produk serum eksfoliasi dengan fungsi regenerasi kulit seperti Retionol, AHA, BHA, Vitamin C, bisa lakukan layering dengan serum hydrating dan melembapkan untuk menyeimbangkan kondisi kulit.

  • Urutkan berdasarkan tekstur dari cair ke kental

Agar mudah diserap kulit, gunakan skincare termasuk serum dengan urutan cair ke kental. Pakai yang cair dulu, baru lanjutkan dengan layer yang teksturnya lebih kental.

  • Pakai serum eksfoliasi dulu baru serum hydrating

Kecuali teksturnya memang jauh lebih kental dibandungkan serum hydrating, Anda bisa gunakan serum eksfoliasi di urutan pertama, kemudian lanjutkan serum hydrating, dan pelembap di atasnya.